BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 04 Juni 2010

AKIBAT PENYALAHGUNAAN NARKOBA


tahukah Anda? Pengaruh penyalahgunaan narkoba itu sangatlah banyak. Terutama bagi diri sendiri. Pengaruh-pengaruh itu antara lain:

a. terganggunya fungsi dan perkenbangan nomal remaja:

- daya ingat sehingga mudah lupa

- perhatian sehingga sulit berkonsentrasi

- perasaan sehingga tak dapat bertindak rasional rasional dan impulsif

- persepsi sehingga memberi perasaan semu/hayal

- motivasi sehingga keinginan dan kemampuan belajar merosot, merusak persahabatan, minat, dan cita-cita semua padam

oleh karena itu, narkoba menyebabkan perkembangan mental emosional dan sosial remaja terhambat. Bahkan, ia mengalami kemunduran perkembangan.


b. intoksikasi (keracunan) yaitu gejala yang timbul akibat pemakaian narkoba dalam jumlah yang cukup berpengaruh pada tubuh dan perilakunya. Gejalanya tergantung jenis, jumlah, dan cara penggunaan. Istilah yang sering dipakai pecandu adalah pedauw, fly, mabuk, teler, high, dan sebagainya.

c.overdosis (OD), dapat menyebabkan kematian karena terhentinya pernapasan(heroin) atau peredaran darah (amfetamin, sabu). OD terjadi karena toleransi maka perlu dosis yang lebih besar atau karena sudah lama berhenti pakai, lalu memakai lagi dengandosis yang dahulu digunakan.

d. gejala putus zat, yaitu gejala ketika dosis yang dipakai berkurang atau dihentikan pemakaiannya. Berat ringan gejala tergantung jenis zat, dosis, dan lama pemakaian.

e. berulang kali kambuh, yaitu ketergantungan yang menyebabkan craving (rasa rindu pada narkoba) walaupun sudah berhenti, tapi sang pemakai akn terdorong kembali untuk memakai narkoba. Itu sebabnya pecandu akan berulang kali kambuh.

f.gangguan kesehatan, yaitu kerusakan atau gangguan fungsi organ tubuh seperti hati, jantung, peru, ginjal, alat reproduksi, infeksi hepatitis B/C (80%), HIV/AIDS (40-50%), penyakit kulit, kurang gizi , dan gigi berlubang.

g. kendornya nilai-nilai, mengendornya nilai-nilai agama, sosial, budaya, seperti perilaku seks bebas dengan akibatnya (penyakit kelamin, kehamilan tak diinginkan). Sopan sanyun hilang, dll.

h. keuangan dan hukum, yaitu keuangan jadi kacau karena ia harus memenuhi kebutuhannya akan narkoba, maka dari itu ia mencuri, menipu, dan lain-lain. Jika masih sekolah, uang sekolah digunakan ntuk membeli narkoba, sehingga ia terancam putus sekolah. Selain itu ia juga terkena sanksi hukum (ditahan, di penjara, atau didenda)

berdasarkan akibt-akibat tadi, tentunya Anda dapat menilai sendiri betapa buruknya pengaruh narkoba itu bagi diri sendiri. Maka dari itu, jika ingin hidup tentram dan damai tanpa masalah, jangan pernah sekalipun menyalahgunakan narkoba.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

KEREN NGARANG PO COPY PASTE?

Afifa mengatakan...

ya bikin sendiri dung,ziz..